Pengertian Dan Fungsi Office Button Dan Quick Access Toolbar Pada Microsoft Excel 2010

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Word 2010 - Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Acces Toolbar, Ketika mengaktifkan Microsoft Excel 2010, kita akan melihat banyak sekali ikon yang ada di sudut kiri sebelah atas monitor. Secara umum ikon-ikon yang dimaksud mampu dikelompokkan menjadi Office Button dan Quick Access Toolbar. Ikon-ikon tersebut merupakan salah satu pembeda Microsoft Exel 2010 dengan Microsoft Excel versi sebelumnya.

1. Pengertian Office Button

Pengertian Office Button, Tombol Office Button terletak di sudut kiri atas jendela aplikasi Microsoft Excel 2010. Tombol ini berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan penanganan kontrol jendela Microsoft Excel 2010. Perintah yang dimaksud yaitu seperti Restore, Move, Size, Minimize, Maximiza, dan Close. Anda sanggup menampilkan jendela Microsoft Excel 2010 sesuai cita-cita melalui tombol ini.

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tombol Office Button terletak di sudut kiri atas layar Microsoft Exel 2010


Berikut  ini tampilan sehabis ikon Office Button Microsoft Excel 2010 diklik.

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tampilan kotak obrolan Office Button Microsoft Excel 2010


2. Fungsi dan Ikon pada Office Button

Fungsi Office Button, Apabila Office button diklik akan muncul beberapa sajian tampilan yang berfungsi untuk mempercepat proses pekerjaan. Disini aku akan memperlihatkan fungsi pada ikon Office Button.

=> Restore: Fungsinya memperkecil tampilan dari jendela Microsoft Excel yang digunakan.
=> Move: Fungsinya memindahkan atau menggeser posisi jendela Microsoft Excel setelah berukuran kecil.
=> Size: Fungsinya menyesuaikan besar ukurannya tampilan jendela Microsoft Excel sesuai dengan kebutuhan anda.
=> Minimize: Fungsinya menyembunyikan jendal Microsoft Excel di taskbar.
=> Maximize: Fungsinya Mengembalikan ukuran tampilan jendela Microsoft Excel pada ukuran maksidmal.
=> Close: Fungsinya menutup jendela Microsoft Excel yang sedang aktif atau berjalan.

3. Pengertian Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang berisi ikon-ikon yang dipakai sebagai jalan pintas untuk memanggil perintah-perintah tertentu. Toolbar ini digunakan untuk mengelompokkan ikon-ikon yang sering dipakai dalam pengolahan dokumen.

Secara default Quick Access Toolbar terdiri atas tiga buah ikon yaitu, ikon Save (untuk menyimpan file atau dokumen yang kita kerjakan), Undo (untuk membatalkan perintah terakhir), dan yang terakhir yaitu Redo (untuk membatalkan Undo atau mengulang kembali perintah yang dibatalkan. Kita mampu menambahkan beberapa ikon (perintah) pada Quick Access Toolbar sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk memasukkan atau menambahkan ikon-ikon perintah yang terdapat di dalam Quick Access Toolbar anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Klik tombol anah panah disebelah kanan baris Quick Access Toolbar.
  • Berilah tanda (Centang) pada kotak yang telah tersedia di samping pilihan ikon tersebut.

Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Kotak untuk memilih perintah yang akan ditampilkan pada Quick Access Toolbar perintah yang dipilih diberi tanda centang.

Apabila ternyata pada fasilitas Quick Access Toolbar tidak terdapat ikon yang dibutuhkan, anda dapat mengakses dan sekaligus memasukkan ikon tersebut ke dalam Quick Access Toolbar dengan langkah-langkah dibawah ini.
  • Klik tombol combo box pada Quick Access Toolbar.
  • Pilih dan klik pada perintah More Commands.
  • Pilihlah salah satu ikon ynag diinginkan, masukkan ke dalam kotak pilihan Quick Acces toolbar (klik Add untuk menambahkan perintah dan klik Remove untuk membatlkan perintah).
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Langkah memasukkan ikon ke dalam Quick Access Toolbar

  •  Selanjutnya, Klik "OK".
Secara default Quick Access Toolbar terletak di bab atas jendela Microsoft Excel 2010, tepat di sebelah kanan Office Button. Posisi Quick Access Toolbar dapat anda pindahkan di bawah ribbon. Caranya bisa anda lihat dibawah.
  •  Klik ikon anak panah di sebelah kanan ikon-ikon Quick Access Toolbar, sehingga tampilan akan seakan-akan gambar dibawah ini.
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tampilan awal sebelum posisi Quick Access Toolbar dipindahkan

  •  Klik "Show Below the Ribbon", sehingga tampilan Quick Access Toolbar akan seakan-akan gambar dibawah ini.
Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel  Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010: Tampilan posisi Quick Access Toolbar setelah dipindahkan


4. Fungsi dan Ikon pada Quick Access Toolbar

=> Save: Fungsinya menyimpan file yang sudah atau sedang dikerjakan.
=> Undo: Fungsinya membatalkan perintah terakhir yang diberikan.
=> Redo: Fungsinya membatalkan Undo.
=> New: Fungsinya menciptakan halaman kertas yang baru.
=> Open: Fungsinya membuka file atau dokumen yang pernah dibuat memakai Microsoft Excel 2010.
=> E-mail: Mengirimkan dokumen melalui e-mail memakai jaringan internet ke alamat e-mail yang dikehendaki.
=> Quick Print: Fungsinya mencetak dokumen atau file ke printer secara cepat dalam bentuk kertas.
=> Print Preview dan Print: Fungsinya melihat tampilan dokumen sebelum dicetak.
=> Sort Ascending: Fungsinya mengurutkan data dari yang terkecil sampai hingga yang terbesar.
=> Sort Descending: Fungsinya mengurutkan data dari yang terbesar hingga dengan yang terkecil.
=> Spelling: Fungsinya menyidik ejaan kata pada teks yang kita tulis.
=> Open Recent File: Fungsinya menampilkan tab sajian File.

Cukup sekian untuk artikel Pengertian dan Fungsi Office Button dan Quick Access Toolbar pada Microsoft Excel 2010. Semoga bermanfaat dan berkhasiat, nantikan artikel selanjutnya atau pribadi berlangganan via email dengan kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel